Flow

Senin, 18 Oktober 2010

IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia)

Berbicara soal organisasi, ada banyak sekali organisasi yang ada di dunia, khususnya indonesia. teman-teman semua pasti tau kalau organisasi di Indonesia ini dimulai sejak kebangkitannya Budi Utomo. Maka dari itu, setiap tanggal 20 mei kita semua merayakan hari nasional yaitu hari kebangkitan nasional. Mahasiswa berperan penting dalam terciptanya sebuah organisasi dan pergerakan. Bahkan kemerdekaan Indonesia pun terjadi karena adanya gerakan pemuda dan mahasiswa.

Bicara soal organisasi, ada banyak organisasi yang ada di Indonesia. Mulai dari organisasi politik, pemuda sampai organisasi mahasiswa. Organisasi mahasiswa tidak hanya berada di dalam kampus saja, tapi ada juga yang merupakan aliansi-aliansi di luar kampus yang memiliki satu kesamaan. Seperti halnya bagi para mahasiswa ilmu komunikasi di Indonesia. ada sebuah organisasi bagi mahasiswa ilmu komunikasi di Indonesia sebagai wadah silaturahmi dan pemersatu bagi mahasiswa komunikasi. Nama organisasi ini adalah Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI).

IMIKI adalah organisasi yang di bentuk dari semangat komunikasi mahasiswa-mahasiswa komunikasi di Indonesia aga rmenciptakan wadah pemersatu dan silaturahmi bagi semua mahasiswa ilmu komunikasi se-Indonesia. Dan memang ini benar terbukti teman-teman. Anggota dari IMIKI adalah seluruh mahasiswa ilmu komunikasi dari seluruh universitas atau Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) ataupun institut-institut yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi di seluruh Indonesia. Jumlah anggota aktif yang sudah tergabung dalam IMIKI ini berjumlah 82 universitas yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
IMIKI ini sendiri lahir pada tanggal 1 September 1998 di Universitas Padjajaran Bandung berdasarkan hasil dari gagasan beberapa pendirinya. Tapi sayangnya, pada tahun 2002 IMIKI sempat vacum dan dideklarasikan kembali pada bulan Desember 2005. Jadi, IMIKI sendiri adalah organisasi yang telah berdiri selama 12 tahun. IMIKI  Pusat di ketuai oleh Ketua Umum dan juga memiliki Sekretaris Jendral yang dipilih berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (MUNAS).

Karena cakupan wilayah IMIKI cukup luas, maka dari itu IMIKI dibagi dalam beberapa wilayah yang dipimpin oleh pengurus-pengurus wilayah setempat. IMIKI di bagi dalam 5 wilayah, yaitu :
  1. Wilayah 1 meliputi Pulau Sumatera
  2. Wilayah 2 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten
  3. Wilayah 3 meliputi Jawa Tengah, DIY dan Kalimantan
  4. Wilayah 4 meliputi Jawa Timur, Bali, NTB, NTT
  5. Dan wilayah 5 meliputi Sulawesi, Maluku, Papua.
Pengurus wilayah mengurusi wilayahnya masing-masing. Lalu ada juga pengurus cabang yang mengurusi cabang dengan syarat untuk mendirikan cabang berjumlah 4 kampus di 1 kota. Dan yang terakhir yaitu pengurus di universitas masing-masing. Kesekretariatan IMIKI sendiri berada di Jakarta.

Selain sebagai wadah silaturahmi mahasiswa ilmu komunikasi se-Indonesia, IMIKI juga sebagai organisasi profesional yang lebih mengedepankan praktek-praktek komunikasi sehingga di harapkan anggota-anggotanya menjadi praktisi ataupun akademisi di bidang komunikasi.

Beragam kegiatan yang pernah di buat oleh IMIKI. Selain acara rutin seperti MUNAS, RAKERNAS, MUSWIL, RAKERWIL, MUSCAB,  dan RAKERCAB, ada juga seminar-seminar, pelatihan jurnalistik dan kegiatan-kegiatan menarik lain bahkan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan komunikasi yang dilaksanakan oleh LSM, maupun lembaga pemerintahan. Acara-acara yang dilakukan seperti dialog terbuka dengan KPI, LSM-LSM dan lain - lainnya.

Jadi untuk teman-teman yang mengambil jurusan ilmu komunikasi jangan ragu atau sungkan untuk berperan aktif dalam IMIKI. Karena IMIKI merupakan wadah bagi seluruh mahasiswa ilmu komunikasi di seluruh Indonesia. Selain itu, IMIKI juga berguna untuk memperluas jaringan dan menambah wawasan serta belajar menjadi praktisi ataupun akademisi di bidang komunikasi.

Well,,, mungkin baru segini aja informasi yang bisa saya berikan tentang IMIKI. Untuk kegiatan-kegiatan IMIKI lainnya pasti akan saya update untuk teman-teman semua. Jadi banggalah sebagai mahasiswa ilmu komunikasi, karena khusus anak-anak komunikasi ada organisasi nasional yang berguna sebagai wadah silaturahmi se-Indonesia.

Jika ada yang ingin bergabung dengan IMIKI, silahkan buka facebook IMIKI teman-teman. Dengan nama Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI). Selamat menikmati,,,, :) 


1 komentar:

  1. minta contoh file skripsi komunikasi donk. email saifulhimti@yahoo.com

    BalasHapus